11 Apr 2011

Menggali Calon Prospek Atau Referensi


Oleh : Jiuli
Sebagai tenaga pemasaran atau marketing data calon prospek atau yang sering kita sebut dengan database merupakan kebutuhan pokok untuk kita bisa melakukan prospek. Pertama kali Anda menjadi tenaga pamasaran, pastilah yang Anda lakukan membuat database atau list nama orang-orang yang bisa di prospek, dengan perjalanan melakukan prospek mungkin pernah Anda sudah merasa habis database, sudah semuanya Anda prospek, siapa lagi yang harus Anda prospek. Namun sebagai tenaga pemasaran tidak boleh kita habis akal untuk mencari orang-orang yang harus di prospek. Oleh sebab itu perlu kita mengali calon prospek atau referensi.
Adapun cara-cara yang dapat Anda lakukan:
1. Get referral from your existing client
Kunjungilah kembali klien Anda, melalui kunjungan yang ada Anda bisa meminta referensi dari klien Anda. Klien Anda bisa saja mereferensikan teman, kerabat ataupun saudaranya kepada Anda. Melalui cara ini ratio Anda untuk bertemu dengan yang di referensikan lebih mudah karena Anda bisa membawa nama customer Anda sehingga orang yang direferensikan menjadi lebih nyaman, bahkan tidak tutup kemungkinan klien Anda menjadi perantara Anda dengan orang yang direferensikan. Dari cara ini ratio closing pun lebih terasa mudah.
2. Building new community
Anda bisa membangun komunitas baru untuk memperoleh calon prospek seperti mengikuti arisan tetangga, fitnes, mengikuti pertemuan bussinesman, mengikuti seminar. Dari sana Anda menjalin hubungan sebagai teman dengan anggota dalam komunitas yang Anda ikuti dan pada satu kesempatan Anda bisa melakukan prospek terhadap mereka, dengan demikian mereka mengenal Anda dulu siapa sehingga mereka menjadi lebih nyaman ketika suatu hari Anda melakukan prospek terhadap mereka.
3. Canvasing
Cara ini sering dilakukan oleh tenaga pemasaran melalui pameran ataupun door to door, Anda mencoba prospek orang-orang yang tidak dikenal. Memang melalui cara ini ratio untuk closing tidaklah besar tapi tidak tutup kemungkinan closing bisa terjadi melalui follow up yang Anda lakukan.
Jadi sebenarnya Anda tidak perlu habis akal memikirkan siapa lagi yang harus Anda prospek, setiap aktivitas yang Anda lakukan terutama yang berkaitan dengan bisnis atau usaha Anda bisa memberikan peluang untuk Anda menemukan calon prospek Anda bahkan hot prospect.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar