4 Feb 2011

The Power of Liking


Kita akan berbagi mengenai betapa berharganya kemampuan seseorang untuk menjadikan dirinya disukai oleh lingkungannya dalam kesuksesannya di masa depan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa para dokter yang pernah dituntut oleh para pasiennya karena kesalahan pengobatan ternyata tidak berarti dia pernah melakukan kesalahan seperti yang dituntutkan kepadanya, bukan pula karena dia melakukan kesalahan profesional atau melanggar kode etik yang ada, tapi karena mereka dibenci dan tidak disukai oleh pasiennya selama masa pengobatan. Para dokter yang dituntut ini didapati bukannya melakukan kesalahan dalam pengobatan, tapi tidak mampu menunjukkan emosi dan empati pada pasien dan kelurganya selama masa pengobatan berlangsung.

Sebaliknya, para dokter yang meskipun pernah melakukan kesalahan kecil dalam praktek pengobatannya, tapi mampu menunjukkan emosi dan empati yang tepat pada pasien dan keluarganya selama pengobatan tidak pernah dituntut atas kesalahannya tersebut. Mereka bahkan cenderung mendapat pasien lebih banyak dibandingkan dengan dokter-dokter yang memiliki skill lebih tinggi tapi tidak menunjukkan tingkat emosi yang sesuai dengan harapan pasien.

Penemuan ini sangat mengejutkan, mengingat bagaimana the power of liking: kemampuan kita untuk disukai orang lain, dapat membuat kita lebih cepat sukses dan lepas dari segala kesalahan. Hal ini juga telah terbukti berulang kali, tidak peduli apakah kita karyawan, manager, CEO, atau pemilik sebuah bisnis, kita akan lebih mudah dimaafkan dan dibela bila orang-orang di sekitar kita menyukai kita.

Ini adalan kunci kecil yang sering terlewatkan dalam kehidupan kita. Bagaimana semestinya hal-hal kecil seperti tersenyum, memuji dengan tulus, menghargai orang lain, sikap-sikap yang dalam kehidupan kita dapat membuat kita lebih disukai oleh orang lain, akan sangat membentu diri kita sendiri juga dalam meraih kesuksesan di kemudian hari. Intinya adalah bagaimana membuat orang dapat menyukai diri kita dengan tulus, bukan karena kita menjilat mereka, sehingga merekalah yang akan berusaha mati-matian demi apa yang kita inginkan.

Sahabat, kitapun kiranya mulai memperhatikan hal ini. Karena meskipun di permukaan tampaknya sederhana, kemampuan anda untuk disukai orang lain mungkin saja bisa membantu anda dalam negosiasi besar bagi bisnis anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar