30 Mar 2011

Beberapa Cara Membangun Kepercayaan Konsumen


Oleh: Emmanuella Chrisnatasha

Di dalam memasarkan produk atau jasa, ada hal yang harus kita perhatikan, yaitu kita harus sanggup untuk membangun kepercayaan konsumen. Dengan kita sanggup membangun kepercayaan konsumen terhadap produk atau jasa yang kita hasilkan, maka kita akan lebih mudah untuk mendapatkan repeat order dan membuat konsumen merasa puas menggunakan produk atau jasa kita dan mempromosikannya kepada saudara dan teman-temannya.

Anda tidak boleh lupa, bahwa cara pemasaran yang paling efektif adalah pemasaran yang dilakukan dari mulut ke mulut, tetapi pemasaran dari mulut ke mulut tersebut akan bisa dilakukan jika konsumen sudah percaya dan suka terhadap produk atau jasa yang kita hasilkan, maka hal tersebut dapat meningkatkan penjualan produk atau jasa kita.

Berikut adalah beberapa cara untuk membangun kepercayaan konsumen :

Selalu menjual produk atau jasa yang bermutu
Barang dan jasa yang kita hasilkan memang harus yang berkualitas baik dan tidak asal-asalan. Terkadang, orang rela untuk mengeluarkan kocek yang sedikit lebih mahal asalkan memang sebanding dengan hasil yang akan diterima. Kualitas memang menentukan apakah orang mau untuk menggunakan kembali produk atau jasa yang kita hasilkan. Misalnya kita menjual produk kecantikan, maka kosmetik yang kita jual haruslah bermutu baik dan terbuat dari bahan yang memenuhi standar kesehatan. Jika kita menjual jasa, misalnya jasa training atau pelatihan, kita harus sanggup memberikan ilmu yang baik yang dapat berguna serta diterapkan di perusahaan yang kita latih. Kualitas sangat menentukan kepercayaan konsumen, karena itu memang produk atau jasa yang kita pasarkan harus yang memiliki kualitas yang baik.

Menyediakan layanan purnajual
Jika kita menjual suatu produk, ada baiknya jika kita menyediakan garansi terhadap produk yang kita hasilkan. Garansi yang kita berikan misalnya berupa service yang mudah atau juga misalnya service gratis jika produk yang kita jual mengalami kerusakan tertentu. Garansi yang kita berikan akan membuat konsumen merasa puas akan produk yang kita hasilkan dan hal tersebut juga merupakan salah satu cara agar membangun kepercayaan konsumen dan juga meningkatkan penjualan kita.

Delivery on time
Jika kita menjual produk kita dan menyediakan jasa delivery atau pesan antar, biasakan untuk on time atau tepat waktu, karena jika kita terbiasa ngaret atau terlambat dalam mengirimkan barang yang dipesan konsumen, maka hal tersebut bisa membuat nama kita menjadi buruk dan membuat konsumen menjadi tidak percaya lagi kepada kita. Ketepatan waktu merupakan salah satu hal yang diperhitungkan oleg konsumen untuk memesan produk kita kembali. Jadi, biasakan untuk mengantarkan pesanan barang tepat waktu, agar konsumen merasa puas dan hal tersebut dapat membangun kepercayaan konsumen terhadap produk yang kita hasilkan dan pasarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar