19 Jan 2011

Kepemimpinan dan Teamwork, Kedua Hal Yang Tidak Terpisahkan


Oleh: Fanya Jodie

Film serial Crime Scene Investigation (CSI) merupakan salah satu film serial yang paling digemari di seluruh dunia. Betapa tidak, pasti terlihat betapa serunya aksi para detektif tersebut memecahkan kasus yang ada. Tak terlewatkan juga pasti aksi Horatio, Mac, dan juga beberapa personil lainnya yang tanpa lelah terus-menerus memecahkan kasus yang ada.

Nah, dalam film serial ini, ada beberapa hal yang dapat kita pelajari, yaitu :

Kepemimpinan merupakan hal yang didasarkan saling respek satu dengan lainnya

Di dalam serial televisi CSI, pelajaran yang dapat kita ambil adalah bagaimana sang pemimpin, baik dalam serial CSI yang di Las Vegas, New York maupun Miami sanggup untuk memberikan semangat bagi bawahannya dan juga sanggup menciptakan respek satu dengan yang lainnya antar anggota CSI. Dalam menjalankan tugasnya, di antara mereka tidak ada yang merasa satu lebih penting daripada yang lainnya, tetapi saling mendukung di dalam menjalankan fungsinya. Namun, dari sini dapat dilihat bahwa salah satu keberhasilan dari kepemimpinan adalah keberhasilan di dalam menanamkan respek satu dengan lainnya sehingga menjadi satu kesatuan tim yang utuh dan sanggup memecahkan masalah bersama-sama.

Kepemimpinan yang baik dapat meningkatkan teamwork yang saling mendukung

Bila seseorang pemimpin sanggup untuk memimpin dan memotivasi bawahan dengan baik serta sanggup memberikan pengertian yang baik mengenai tugas dan tanggung jawab setiap individu, maka setiap individu akan menghargai kepemimpinan yang ada dan dengan loyal akan mengerjakan fungsinya masing-masing untuk mencapai tujuan bersama. Dalam film serial CSI, kita dapat melihat betapa kepemimpinan yang baik dapat meningkatkan teamwork yang baik dan saling mendukung satu dengan lainnya. Dengan adanya teamwork yang baik, maka tujuan pasti akan dapat tercapai dengan baik, karena tidak ada hal yang bisa dicapai sendirian, tetapi segala sesuatu dapat terpecahkan jika mau untuk bekerjasama dengan baik dan menjalankan fungsinya antara satu pihak dengan lainnya.

Seorang pemimpin adalah seorang yang memotivasi bawahannya untuk tidak menyerah

Tidak menyerah dan bermental baja adalah ciri khas yang dapat kita lihat dari setiap personil CSI. Namun, mental yang tidak menyerah tersebut tidak akan ada jika pemimpinnya tidak memberikan motivasi yang baik bagi bawahannya dan terlihat lemas serta menyerah dalam memecahkan kasus yang ada. Dalam film CSI tersebut, dapat dilihat bahwa ketegasan para pemimpin memang memberikan dampak yang baik bagi team yang dipimpinnya, yaitu mental tidak menyerah apapun yang terjadi sebelum masalah terpecahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar