24 Jan 2011

Kualitas Seorang Pemimpin Yang Baik


Oleh : Irish Kiseki

Setiap orang selalu menginginkan akan posisi menjadi seorang pemimpin. Merasa telah memiliki kemampuan untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, justru di situlah merupakan letak kegagalan kita yang paling utama. Dibelahan bumi dimanapun dia berada, sekalipun memegang perusahaan yang besar bila tidak mau belajar untuk bagaimana menjadi pemimpin yang baik, maka keberadaan perusahaan yang dipegang/dikelolanya pasti akan menghilang atau mengalami kebangkrutan.

Beberapa waktu yang lalu saya menghadiri sebuah seminar leadership di Jakarta. Saya bertemu dengan begitu banyak pimpinan-pimpinan dari berbagai perusahaan, bahkan ada juga yang hadir dari bidang pendidikan. Semua peserta didalam seminar itu memiliki tujuan yang sama yaitu bagaimana untuk menjadi seorang pemimpin yang baik dimata karyawan/anakbuahnya. Pada sebuah perbincangan dengan mereka para peserta seminar, maka saya bertanya kepada beberapa peserta bagaimana menurut mereka kualitas seorang pemimpin yang baik. Jawaban yang diberikan kepada saya sangat beraneka ragam, ada yang menyatakan seorang pemimpin yang baik adalah seorang yang dapat mendengarkan dan menerima ide ataupun keluhan yang diutarakan oleh karyawan/anakbuahnya. Ada juga yang berpendapat seorang pemimpin yang baik adalah seorang yang dapat memandang karyawan/anakbuahnya sebagai seorang pribadi/human being,dimana bukan hanya sebagai pekerja tetapi dia juga memiliki keluarga yang harus juga diperhatikan, dan banyak lagi masukan yang saya dapatkan dari peserta seminar ini. Jadi bagaimanakah kualitas pemimpin yang baik dan yang sesungguhnya ?

Pemimpin yang dapat menghargai perbedaan yang ada pada setiap individu. Seorang pemimpin yang memiliki kualitas seorang pemimpin yang baik adalah seorang pemimpin yang pertama sekali dapat menghargai perbedaan yang ada yang dimiliki oleh setiap karyawan/anak buahnya. Bukan hanya dapat dikatakan dapat memimpin dirinya sendiri atau orang lain tetapi dia juga harus dapat menghargai orang lain yang ada disekelilingnya. Dengan dia dapat menghargai individu yang ada disekelilingnya hal itu berarti juga menghargai akan keberadaannya sebagai seorang individu juga diantara individu yang lain. Karena seorang pemimipin bukan hanya dapat menyediakan kerangka kerja dan ide-ide sebagai seorang pemimpin, tetapi juga harus mampu menunjukkan bahwa orang lain yang ada di lingkungan kerjanya adalah sebagai team work yang dapat bersama-sama bekerja untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan.

Pemimpin yang low profile : melayani akan orang lain
Sering kali kita berpikir bahwa seorang pemimpin yang memiliki sikap yang low profile dari seorang pemimpin yaitu ketika sang pemimpin melakukan kegiatan-kegiatan kemanusiaan atau membagi-bagikan makanan. Tetapi sebenarnya adalah Pemimpin yang baik seharusnya mencari kesempatan bagaimana untuk dapat melayani orang lain yang ada dilingkungan sekitarnya, bukan hanya bergerak dibidang kemanusiaan, atau membagi-bagikan sembako tetapi lebih dari apa semuanya itu. Bila ia justru memiliki kemauan hanya untuk dilayani dan atau melayani dirinya sendiri atau bertindak berdasarkan apa yang ia sendiri, maka ia/kita akan menjadi seorang pemimpin yang gagal. Kepemimpinan yang kita jalani tidak akan berlangsung lama.
Seorang pemimpin yang berkarakter memang baik dan sangat diperlukan untuk menjadi seorang pemimpin yang sukses. Memiliki framework yang jelas serta berkarakter sudah merupakan karakteristik pemimpin yang sukses dan dapat diandalkan, tetapi tanpa hati yang rendah hati yang mau untuk melayani orang lain maka belumlah dapat dikatakan sebagai seorang pemimpin yang baik.

Pemimpin yang berani menjalani komitmen- tekad yang telah diambil kesepakatannya dan berani untuk membela kepentingan karyawan/anggota timnya.
Seorang Pemimpin yang baik adalah ketika ia dapat memandang bahwa dirinya sebagai satu team dengan anak buahnya yang lain dan dapat menjalani keputusan yang diambil secara bersama-sama sebagai suatu keputusan bersama dan berani mengambil resiko apapun yang terjadi dari keputusan yang dijalani tersebut, baik ataupun yang terburuk sekalipun.

Pemimpin yang dapat memberikan contoh ; Role – Model bagi anggota team nya
Seorang pemimpin yang baik adalah seorang pemimpin yang tahu untuk bagaimana memberikan contoh bagi orang lain. Bukan hanya memberikan perintah untuk dijalankan tetapi juga cara untuk bagaimana menjalankan akan perintah tersebut. Sangat penting bagi seorang pemimpin untuk dapat memberikan motivasi kepada anak buahnya, menciptakan suatu atmosfer yang baik agar mereka anak buahnya percaya kepada dia sebagai seorang pemimpin yang baik yang dapat mengarahkan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar