28 Jan 2011

Strategi Pemasaran Fashion Business di Tahun 2011


Oleh: Elvaretta Nathania

Fashion business merupakan bisnis yang tidak akan pernah mati, karena namanya gaya berbusana merupakan kebutuhan bagi setiap wanita pada umumnya. Setiap wanita pasti mencari gaya berbusana yang pas dengan dirinya, dan hal tersebut merupakan hal yang terus-menerus. Karena itulah, fashion business merupakan bisnis yang bisa dikatakan bisa eksis di dalam keadaan apapun.
Persaingan di dunia fashion memang bisa dikatakan cukup tinggi. Bahkan terkadang tidak sedikit brand yang menjual produk yang hampir mirip satu dengan lainnya. Namun, jika brand kita ingin terus diminati orang, kita memang harus memiliki strategi tersendiri. Mungkin kita berpikir, produk yang saya hasilkan bukan dari perusahaan besar seperti produk A, atau bisa jadi kita merasa bahwa kalau kita hanya perusahaan kecil kita tidak bisa memenangkan persaingan. Saya beritahu, hal tersebut salah besar. Mengutip quote dari designer terkenal Giorgio Armani : In the end, the customer doesn't know, or care, if you are small or large as an organization… they only focuses on the garment hanging on the rail in the store.”
Jadi dapat disimpulkan bahwa pembeli hanya terfokus pada apa yang mereka lihat. Jika produk fashion yang dihasilkan bagus, maka mereka akan membeli apapun merknya. Namun, meskipun produk tersebut berasal dari merk terkenal, jika produk tersebut dirasa kurang bagus atau kurang pas bagi selera pembeli, maka ia tidak akan membelinya.
Nah, meskipun produk yang kita hasilkan bisa dikatakan bagus, kita tetap harus memiliki strategi pemasaran yang tepat. Berikut adalah strategi pemasaran fashion business untuk tahun 2011:

Gunakan media online
Tahun 2011 bisa dikatakan hampir semua orang tidak akan terlepas dari dunia online, termasuk fashion. Jadi bisa dikatakan bahwa ketika kita melaksanakan fashion business, kita tidak boleh lupa untuk memasarkannya secara online, karena terkadang ada orang yang lebih suka membeli produk fashion melalui pemesanan online. Hal yang harus diperhatikan di dalam pemesanan online adalah jangan sampai barang yang tiba di tangan pembeli berbeda dengan apa yang telah kita foto untuk dipasarkan di online. Hal tersebut bisa membuat pembeli tidak mau lagi untuk membeli produk fashion yang kita hasilkan. Pemasaran online bisa berasal dari periklanan di media yang banyak membahas mengenai fashion dan juga memiliki web atau blog pribadi untuk memasarkan produk fashion yang kita hasilkan.

Kualitas produk dan pelayanan harus yang terbaik yang dapat diberikan
Kualitas produk dan pelayanan tetap merupakan hal yang harus diperhatikan, karena meskipun merk kita tidak dikenal luas, jika produk fashion kita memiliki kualitas dan pelayanan yang baik, maka hal tersebut bisa membuat pembeli mau untuk membeli produk kita bahkan memasarkannya secara word of mouth kepada rekannya yang lain. Pemasaran secara word of mouth merupakan pemasaran yang paling efektif, karena itu sangat penting untuk memperhatikan kualitas dan pelayanan di dalam bisnis fashion agar pembeli mau untuk melakukan repeat order kepada kita.

Berikan personal touch
Personal touch merupakan hal yang tidak boleh kita lupakan, karena tanpa personal touch, produk kita tidak akan memiliki nilai jual yang special dibandingkan yang lain. Personal touch di dalam fashion business memang penting, karena hal tersebut memberikan ciri khas terhadap produk fashion kita dan hal tersebut membuat kita mampu untuk bersaing di dalam fashion business.

Ikuti tren yang sedang in
Mengikuti tren yang sedang in memang merupakan hal yang harus diperhatikan di dalam fashion business, karena bagaimanapun orang seringkali lebih mencari tren yang sedang in daripada gaya fashion lainnya. Akan tetapi, jika pembeli kita memiliki pesanan khusus, tetap hal tersebut harus diperhatikan, karena bagaimanapun seperti yang dikatakan di poin sebelumnya, pelayanan yang terbaik merupakan salah satu hal penting yang diperhitungkan pembeli.

Maksimalkan periklanan dengan media yang tepat
Periklanan tetap merupakan hal yang tidak boleh dilupakan di dalam pemasaran, tidak terkecuali dalam memasarkan produk fashion. Orang akan selalu mengingat produk fashion kita jika hal tersebut sering ia lihat atau dengar di media. Namun, pemasaran juga harus mencari media dengan sasaran pembaca atau pendengar yang tepat, karena hal itu sangat menentukan keberhasilan di dalam memasarkan produk fashion yang kita hasilkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar